BIMTEK METODE PENATAUSAHAAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD GUNA MENDAPATKAN PREDIKAT OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN

PENDAHULUAN

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Setiap awal tahunnya akan mulai melakukan audit laporan keuangan pemerintah daerah terutama dalam bentuk pengumpulan data-data yang diperlukan. Pemerintah daerah sangat berkepentingan dengan audit tersebut karena beberapa tahun terakhir ini, Kementerian Keuangan menerapkan sistem reward and punishment terhadap pemerintah daerah. Terdapat  tiga macam kriteria dalam sistem tersebut yaitu daerah telah melaksanakan fungsi pelayanan masyarakat dengan baik, daerah menetapkan APBD dengan tepat waktu dan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

Apabila pemerintah daerah melaksanakan ketiga kriteria tersebut dengan baik maka akan memperoleh insentif tambahan. Namun apabila pemerintah daerah tidak dapat melaksanakan kriteria-kriteria ini dengan baik akan berujung pada pemberian sanksi dari Kementerian Keuangan, terutama sanksi yang bersifat keuangan.

Untuk itu sangat penting bagi pemerintah daerah agar dapat menyusun laporan keuangan dengan baik. Penyusunan laporan keuangan merupakan salah satu kriteria dalam sistem reward and punishment yang diterapkan Kementerian Keuangan kepada pemerintah daerah. Kesimpulannya, pemerintah daerah berkewajiban untuk menyusun laporan keuangan yang dapat menunjukkan kondisi sebenarnya.GTC DIKLAT menyelenggarakan “BIMTEK METODE PENATAUSAHAAN DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SKPD GUNA MENDAPATKAN PREDIKAT OPINI WAJAR TANPA PENGECUALIAN” yang akan dilaksanakan pada :

Info Lengkap Klik : http://www.gtcdiklat.com/bimtek-metode-penatausahaan-dan-penyusunan-laporan-keuangan-skpd-guna-mendapatkan-predikat-opini-wajar-tanpa-pengecualian/

Advertisements

About GTC DIKLAT

Government Training Center ,kami menyelenggarakan Bimtek dan Ujian Sertifikasi Pemerintah berdasarkan Pepres No.70 untuk menjadi solusi bagi instansi - instansi Pemerintah didaerah di seluruh Indonesia untuk memiliki Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,Kami akan berusaha untuk memberikan pendalaman materi dan Try Out untuk membekali para peserta Bimtek dan Ujian sertifikasi sehingga siap dalam melaksakan ujian sertifikasi.

Posted on March 9, 2017, in BIMTEK KEUANGAN DAERAH and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: